Sosialisasi Kurikulum Merdeka bagi Peserta PPL II dan Magang III di Universitas Muslim Buton

Authors

  • La Ode Kaharudin Universitas Muslim Buton
  • Ridwan Universitas Muslim Buton
  • Mujuna Hatuala Universitas Muslim Buton
  • La Ode Rahman Rahman Daud Universitas Muslim Buton

Keywords:

kurikulum merdeka, praktik pengalaman lapangan II, magang III

Abstract

Kurikulum merdeka memiliki indikator antara lain: (1) pembelajaran di arahkan menggunakan  model pembelajaran berbasis proyek (pembelajaran yang melibatkan suatu proyek dalam proses pembelajaran. Proyek yang dikerjakan oleh mahasiswa dapat berupa proyek perseorangan atau kelompok dan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu secara kolaboratif, menghasilkan sebuah produk, yang hasilnya kemudian akan ditampilkan atau dipresentasikan), untuk mengembangkan soft skill dan karakter jiwa pancasila, (2) pembelajaran utama untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi, (3) pembelajaran sesuai kemampuan mahasiswa dan disesuaikan dengan konteks muatan lokal. Pengabdian ini laksanakan dengan tujuan memperkenalkan kurikulum merdeka bagi peserta Praktik Pengalaman Lapangan II dan magang III di Universitas Muslim Buton. Pengabdian ini menggunakan model partipasipatory action research dengan metode presentasi dan tanya jawab. Dalam mencari data berupa teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dengan cara penyajian dan penarikan kesimpulan. Tahapan pengabdian terdiri perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa dari 20% menjadi 78% tentang kurikulum merdeka. Hal ini terlihat dari tingginya antusias mahasiswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan narasumber di akhir kegiatan.

 

Downloads

Published

2023-08-27