https://ojs.umu-buton.id/index.php/jpmi/issue/feedJurnal Pengabdian Masyarakat Ilmiah2023-08-31T08:30:39+00:00Ridwanridwan@umubuton.ac.idOpen Journal SystemsJurnal Pengabdian Masyarakat Ilmiahhttps://ojs.umu-buton.id/index.php/jpmi/article/view/89Sosialisasi Kurikulum Merdeka bagi Peserta PPL II dan Magang III di Universitas Muslim Buton2023-07-06T11:35:43+00:00La Ode Kaharudinlaodekaharudin@umubuton.ac.idRidwanridwan071093@gmail.comMujuna Hatualamujunahatuala90@gmail.comLa Ode Rahman Rahman Daudlaoderahmandaud01@gmail.com<p><em>Kurikulum merdeka memiliki indikator antara lain: (1) pembelajaran di arahkan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek (pembelajaran yang melibatkan suatu proyek dalam proses pembelajaran. Proyek yang dikerjakan oleh mahasiswa dapat berupa proyek perseorangan atau kelompok dan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu secara kolaboratif, menghasilkan sebuah produk, yang hasilnya kemudian akan ditampilkan atau dipresentasikan), untuk mengembangkan soft skill dan karakter jiwa pancasila, (2) pembelajaran utama untuk meningkatkan kompetensi literasi dan numerasi, (3) pembelajaran sesuai kemampuan mahasiswa dan disesuaikan dengan konteks muatan lokal. Pengabdian ini laksanakan dengan tujuan memperkenalkan kurikulum merdeka bagi peserta </em><em>Praktik Pengalaman Lapangan</em><em> II dan magang III di Universitas Muslim Buton. Pengabdian ini menggunakan model partipasipatory action research </em>dengan metode presentasi dan tanya jawab. <em>Dalam mencari data berupa teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dengan cara penyajian dan penarikan kesimpulan. Tahapan pengabdian terdiri perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa dari 20% menjadi 78% tentang kurikulum merdeka. Hal ini terlihat dari tingginya antusias mahasiswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan narasumber di akhir kegiatan</em><em>.</em></p> <p><em> </em></p>2023-08-27T00:00:00+00:00Copyright (c) 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmiah